Teknologi wireless mungkin sudah menjamur saat ini, namun banyak yang menganggap enteng soal keamanan jaringan wirelessnya. Beberapa langkah dibawah ini bisa membuat jaringa wireless anda aman dari penyusup mulai dari yang hanya ingin mendapatkan koneksi internet gratis sampai yang punya niat jahat ingin merusak sistem jaringan anda. Gambar-gambar yang ditunjukkan dibawag ini adalah wireless router merk Linksys, tapi biasanya ada kemiripan dengan merk-merk lain sehingga tidak akan membingungkan untuk diaplikasikan dengan router wirelss merk lain.

1. Mengaktifkan Encryption

Hampir semua rouer wireless memiliki fitur enkripsinya. Pastikan selalu untuk mengaktifkan WPA atau WPA2 Wireless encryption. Klik pada Wireless -> Wireless Security , untuk mengaktifkan encryption dan memberikannya password seperti terlihat pada gambar 1. Berikut adalah beberapa type Wireless Encryption yang tersedia.

  • WEP (Wired Equivalent Protection) 64-bit and 128-bit: WEP adalah standarisasi wireless encrytpion yang sudah lama ada. Jangan pernah menggunakan WEP encryption, yang dapat di susupi dengan mudah.
  • WPA (Wi-Fi Protected Access): Ini adalah versi baru dari system wireless encryption dan lebih aman daripada WEP. Hampir semua wireless adapter dilaptop support terhadap sistem WPA ini.
  • WPA2: Ini adalah wireless encryption yang paling akhir yang memberikan siste encryption terbaik. Selalu gunakan WPA2, jika router wireless atau wireless adapter dilaptop sudah support dengan WPA2.
Enable Encryption
Gbr-1 Mengaktifkan Wireless Encryption

2. Ubahlah nama SSID

SSID (Service Set Identifier) mengacu pada nama koneksi wireless yang digunakan, yang terlihat “Available Wireless Connections” pada laptop saat mencoba koneksi. Merubah nama koneksi wireless tidak memberikan perlindungan apa-apa. Klik pada Wireless -> Basic wireless settings -> Change the “Wireless Network Name (SSID):”, seperti terlihat di gbr.2.

3. Mematikan SSID broadcast

Opsi “Available Wireless Connections” bisa dinon aktifkan agar tidak terlihat pada laptop disekitar anda. Hal ini dapat dibuat lewat instruksi di router untuk tidak menampilkan (broadcast). Jika ini sudah di aktifkan maka jika ada orang yang ingin melakukan koneksi ke wireless anda maka anda harus memberikan nama wireless kepada orang tersebut. Klik pada Wireless -> Basic wireless settings -> Click on the Disable radio-button next to “Wireless SSID Broadcast”, seperti terlihat di gbr-3.

Disable SSID Broadcast
Gbr-2: UBah nama SSID dan Matikan fitur Broadcast

4. Mengaktifkan MAC filtering

Walau langkah 1 sampai 3 sudah dilakukan namun masih ada kemungkinan untuk disusupi. Langkah pengamanan selanjutnya adalah membuat router wireless anda hanya memberi akses kepada pc/laptop yang dikenali, dengan cara mengijinkan wireless koneksi hanya pada MAC address yang dikenali. MAC (Media Access Control) address adalah identifikasi unik yang ada pada network adapter. Dalam hal ini, MAC digunakan sebagai unik indentifikasi pada network adapter laptop/pc anda. Di OS linux, ketik perintah ifconfig dari command prompt untuk mendapatkan informasi hardware koneksi wireless. Di Windows, ketik ipconfig /all dari command prompt untuk mengindentifikasi MAC Address seperti dibawah ini.

C:>ipconfig /all
Ethernet adapter Wireless Network Connection:
Connection-specific DNS Suffix . : socal.rr.com
Description . . . . . . . . . . . : Dell Wireless 1390 WLAN Mini-Card
Physical Address. . . . . . . . . : 00:1A:92:2B:70:B6

Klik pada Wireless -> Wireless MAC filter -> Klik pada Enable radio-button next to “Wireless MAC filter” -> Klik “Permit only PCs listed to access the wireless network” radio-button, seperti gbr-3.

Enable MAC Filter
Gbr-3 Mengaktifkan Wireless MAC Filter



Klik pada Edit MAC filter list dan tambahkan MAC address laptop/pc anda di list tersebut. Jika ingin menambahkan akses lebih dari satu pc/laptop maka harus ditambahkan MAC Address masing-masing pc/laptop ke list MAC Address tersebut seperti ditunjukkan pada gambar-4 dan kemudian Klik pada “Save Settings”.

Add MAC Address List
Gbr-4 Tambahkan masing-masing MAC Address list

5. Ganti password untuk Web Access

Password default untuk wireless web access biasanya hampir sama dengan nama model bawaan dari pabriknya. Ubahlah password bawaan tersebut jadi password sesuai keinginan anda dan tentunya sulit untuk di tebak. Klik pada Administration -> Management, untuk mengganti password bawaan wireless router seperti gbr-5 dibawah.

Disable Wireless Web Access

Gbr-5 Ganti password dan mematikan fitur wireless web access

6. Matikan administrative access melalui web browser

Langkah terakhir adalah, pastikan untuk mematikan fitur web administrative access lewat koneksi wireless. Setelah melakukannya, untuk suatu saat ingin melakukan perubahan pada router wireless, bisa dilakukan melalui koneksi dengan kabel UTP untuk melakukan konfigurasi dari pc atau laptop. Klik pada Administration -> Management -> Disable radio-button next to “Wireless Access Web”, seperti gbr5 diatas.


3 komentar

  1. blogger insyaf  

    September 15, 2008 at 10:54 AM

    bisa banyak belajar nih, BTW theme nya bagus tuh. :D

  2. kang ogepz  

    September 16, 2008 at 4:36 PM

    nice info thanx mr. ical

  3. reicall  

    September 17, 2008 at 10:36 AM

    @blogger insyaf
    wah trims kunjungannya.

    @ogepz
    hayo bina "sakan" nusantara!



Recommended Money Makers

  • Chitika eMiniMalls
  • WidgetBucks
  • Text Link Ads
  • AuctionAds
  • Amazon Associates